• https://2.bp.blogspot.com/-CsWJcUO3eXE/XpNTAIgs4pI/AAAAAAAADNw/E01ElWgopZAwyePvt9GaYoRZP3nkdqcxQCNcBGAsYHQ/s1600/PSA%2B43.jpg

Guru Taman Kanak-Kanak (TK)

 Guru Taman Kanak-Kanak (TK)

Deskripsi Karier

Ada satu profesi yang cocok bagi kamu yang senang dunia pendidikan anak-anak lho Quipperian, yaitu menjadi Guru Taman Kanak-Kanak (TK). Nah walaupun terdengar gampang, ternyata profesi ini punya tanggung jawab besar lho dan itu juga tidak mudah. Seorang guru TK bertanggung jawab atas kemampuan dasar anak dalam dunia pendidikan. Bahkan bukan hanya mengajarkan tentang pendidikan tetapi juga mengenalkan anak tentang perilaku dan kehidupan sehari-hari anak. Karena periode TK adalah periode awal atau persiapan sebelum masuk ke sekolah dasar.

Jenjang pendidikan TK yang dibuat mulai beragam, membuat guru TK juga harus mampu mengurus hal-hal terkait kebutuhan anak. Seperti untuk anak dengan jenjang playgroup, yang menerima anak dari usia dini seperti 3 tahun. Seorang guru harus berperan selayaknya orang tua, mengurus makan dan tidur anak ketika berada di sekolah. Nah kebayangkan tanggung jawabnya sebesar apa?

Seorang guru TK bisa menjadi pegawai di sekolah negeri ataupun swasta yang saat ini sudah semakin menjamur. Satu hal yang pasti, ketika kamu ingin berkarier menjadi guru TK, kamu harus mulai mendalami ilmu psikologi anak dan ilmu pendidikan. Supaya kamu bisa menguasai teknik pengajaran sambil bermain yang diterapkan bagi para murid di sekolah. Seru bukan?

Wajib Tahu

karir-guru-taman-kanak-kanak

1. Dikutip dari idntimes.com, ada 5 alasan yang guru TK jadi pekerjaan yang keren; menjadi guru TK berarti belajar bersabar dan bersikap lembut. Selain itu, guru TK juga berpikir kreatif dan belajar menjadi orang tua. Dan yang paling seru jadi guru TK adalah disayang oleh anak-anak.

2. Ternyata Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani mengaku bercita-cita menjadi guru TK lho Quipperian! Seperti dikutip dari detik.com, wanita kelahiran Tanjung Karang, Lampung ini mengaku sejak kecil bercita-cita sebagai guru taman kanak-kanak (TK).

3. Siapa yang tak kenal Nagita Slavina? Nah dikutip dari wowkeren.com, ternyata Gigi pernah menjadi guru TK lho Quipperian. Ia pernah mengajar di salah satu TK setelah lulus kuliah. Dan ia pun bercita-cita mengabdikan diri di dunia pendidikan suatu hari nanti.

4. Perbedaan TK dan PAUD? PAUD adalah kepanjangan dari pendidikan anak usia dini, jadi TK termasuk kedalam PAUD ya!

5. Nah, kalau lembaga PAUD yang banyak banyak di masyarakat adalah lembaga pendidikan anak di usia dini yang dikelola bersama oleh masyarakat. Berbeda dengan TK yang umumnya dikelola yayasan tertentu.

Peran dan Tanggung Jawab

Memberi fasilitas bermain yang bermutu bagi anak-anak peserta didik

Mengembangkan rasa kemanusiaan, kepekaan, dan kemampuan fisik anak melalui bimbingan seperti musik, melukis, menari, dll

Mengajarkan aturan kehidupan berkelompok dan disiplin dasar sebagai periode persiapan sebelum masuk sekolah dasar

Memberikan konsultasi dan arahan kepada orang tua murid mengenai minat dan bakat, perilaku, serta prestasi anaknya di sekolah

Memberikan pengajaran dengan metode sambil bermain bagi anak murid


karir-guru-taman-kanak-kanak

Pengetahuan dan Keahlian

Pengetahuan ilmu pendidikan anak

Pengetahuan ilmu psikologi

Kemampuan pengasuhan anak

Kemampuan komunikasi

Kemampuan berpikir kreatif

Penguasaan bahasa asing


Jenjang Karier

Masing-masing anggota kepolisian memiliki pangkat tersendiri, yang sangat tergantung dengan jenjang karier serta jenjang pendidikan yang telah ditempuh. Setiap pangkat memiliki besaran penghasilan tersendiri.


1. Junior Teacher. Merupakan jabatan untuk guru pemula. Biasanya belum memegang tanggung jawab mengajar kelas namun didampingi.


2. Senior Teacher. Guru dengan pengalaman lebih dibandingkan junior teacher. Sudah memegang tanggung jawab mengajar kelas sendiri.


3. Kepala Sekolah atau Head Teacher. Memegang tanggung jawab untuk satu sekolah dan tidak memiliki tanggung jawab mengajar.


Jurusan Terkait

Jika kamu ingin berkarier pada profesi ini, maka ilmu yang harus kamu kuasai adalah: Ilmu Pendidikan PAUD, Ilmu Psikologi, dan Ilmu Keguruan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Situs Resmi Ikatan Guru Taman Kanak Kanak Indonesia Kec. Parongpong

Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Provinsi Jawa Barat merupakan organisasi dibawah naungan PGRI. IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat merupakan organisasi yang sudah berdiri sangat lama, sehingga organisasi sudah mempunyai banyak pengalaman dalam ikut serta memajukan pendidikan anak di Indonesia khususnya di Provinsi Jawa Barat. Kepengurusan di dalam organisasi dilaksanakan secara regular dan terpadu, sehingga menghasilkan reorganisasi pergantian estafet yang produktif.

Salah satu penghargaan yang diterima oleh IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat dari Ketua IGTKI-PGRI Pusat adalah tentang manajemen yang tertata rapi. Organisasi berjalan efektif dan efesien sehingga bidang-bidang organisasi dapat memunculkan ide-ide dan gagasan dalam kemajuan organisasi IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat. Proses instruksi dan komando baik dari atasan maupun mitra organisasi mampu bersinergi dengan program-program yang sudah direncanakan. Sehingga organisasi IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat merupakan organisasi yang professional.

Pengalaman Organisasi
IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat mempunyai banyak pengalaman dalam berorganisasi, karena organisasi ini berdiri memasuki usia yang sudah panjang. Pasang surut kehidupan berbangsa dan bernegara telah dilalui tanpa sedikitpun kemunduran yang dialami oleh IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat. Pengurus-pengurus selalu semangat dan kompeten dalam mengantarkan serta menjembatani anggotanya untuk lebih maju dalam berbagai aspek pendidikan, khususnya pendidikan anak usia dini. Dalam berbagai kesempatan organisasi ini juga mengantarkan guru-guru menjuarai berbagai kegiatan yang diadakan oleh pengurus Pusat.

Pengalaman Pengurus
IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat memiliki pengurus-pengurus disamping sebagai guru TK mereka mempunyai kegiatan yang sangat produktif, yang diantaranya sebagai Narasumber, Mentor, Pembicara, Asessor, Penulis, Pengurus APKS Provinsi dan lain sebagainya.

Pages