• https://2.bp.blogspot.com/-CsWJcUO3eXE/XpNTAIgs4pI/AAAAAAAADNw/E01ElWgopZAwyePvt9GaYoRZP3nkdqcxQCNcBGAsYHQ/s1600/PSA%2B43.jpg

Alur Mempelajari Kurikulum Merdeka di Platform Merdeka Mengajar Bagi Satuan Pendidikan

 Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk membantu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Kurikulum ini dirancang dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan yang lebih kreatif, inovatif, dan mampu bersaing di dunia global.

Platform Merdeka Mengajar adalah platform yang disediakan oleh Kemendikbudristek untuk memudahkan satuan pendidikan PAUD dan TK dalam mengakses kurikulum Merdeka. Platform ini menyediakan berbagai macam materi dan modul pembelajaran, yang dapat diakses secara online oleh para pendidik dan siswa.

Berikut ini adalah alur mempelajari Kurikulum Merdeka di platform Merdeka Mengajar bagi satuan pendidikan PAUD TK:

Akses Platform Merdeka Mengajar

Pertama-tama, satuan pendidikan PAUD TK perlu mengakses platform Merdeka Mengajar melalui website https://merdeka.belajar.kemdikbud.go.id/. Setelah masuk ke website tersebut, pilih opsi "PAUD TK" pada bagian pilihan satuan pendidikan.

Pilih Kurikulum Merdeka

Setelah masuk ke halaman satuan pendidikan PAUD TK, klik opsi "Kurikulum Merdeka". Setelah itu, akan muncul berbagai macam materi dan modul pembelajaran yang terkait dengan Kurikulum Merdeka.

Pilih Modul Pembelajaran

Setelah masuk ke halaman Kurikulum Merdeka, satuan pendidikan PAUD TK dapat memilih modul pembelajaran yang ingin dipelajari. Modul pembelajaran ini terdiri dari berbagai macam jenis, seperti modul pembelajaran untuk guru, modul pembelajaran untuk siswa, dan modul pembelajaran untuk orang tua.

Pelajari Modul Pembelajaran

Setelah memilih modul pembelajaran yang ingin dipelajari, satuan pendidikan PAUD TK dapat mempelajari modul tersebut secara lengkap. Modul pembelajaran ini terdiri dari berbagai macam materi, seperti materi pembelajaran, video pembelajaran, dan latihan soal.

Lakukan Evaluasi

Setelah selesai mempelajari modul pembelajaran, satuan pendidikan PAUD TK dapat melakukan evaluasi untuk mengukur pemahaman terhadap materi yang telah dipelajari. Evaluasi ini dapat berupa tes atau kuis online, yang akan memberikan penilaian terhadap pemahaman dan prestasi siswa.

Dengan mengikuti alur di atas, satuan pendidikan PAUD TK dapat mempelajari Kurikulum Merdeka dengan mudah dan efektif di platform Merdeka Mengajar. Dengan demikian, diharapkan mutu pendidikan di Indonesia dapat meningkat dan menghasilkan lulusan yang lebih berkualitas dan kompetitif di dunia global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Situs Resmi Ikatan Guru Taman Kanak Kanak Indonesia Kec. Parongpong

Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Provinsi Jawa Barat merupakan organisasi dibawah naungan PGRI. IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat merupakan organisasi yang sudah berdiri sangat lama, sehingga organisasi sudah mempunyai banyak pengalaman dalam ikut serta memajukan pendidikan anak di Indonesia khususnya di Provinsi Jawa Barat. Kepengurusan di dalam organisasi dilaksanakan secara regular dan terpadu, sehingga menghasilkan reorganisasi pergantian estafet yang produktif.

Salah satu penghargaan yang diterima oleh IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat dari Ketua IGTKI-PGRI Pusat adalah tentang manajemen yang tertata rapi. Organisasi berjalan efektif dan efesien sehingga bidang-bidang organisasi dapat memunculkan ide-ide dan gagasan dalam kemajuan organisasi IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat. Proses instruksi dan komando baik dari atasan maupun mitra organisasi mampu bersinergi dengan program-program yang sudah direncanakan. Sehingga organisasi IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat merupakan organisasi yang professional.

Pengalaman Organisasi
IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat mempunyai banyak pengalaman dalam berorganisasi, karena organisasi ini berdiri memasuki usia yang sudah panjang. Pasang surut kehidupan berbangsa dan bernegara telah dilalui tanpa sedikitpun kemunduran yang dialami oleh IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat. Pengurus-pengurus selalu semangat dan kompeten dalam mengantarkan serta menjembatani anggotanya untuk lebih maju dalam berbagai aspek pendidikan, khususnya pendidikan anak usia dini. Dalam berbagai kesempatan organisasi ini juga mengantarkan guru-guru menjuarai berbagai kegiatan yang diadakan oleh pengurus Pusat.

Pengalaman Pengurus
IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat memiliki pengurus-pengurus disamping sebagai guru TK mereka mempunyai kegiatan yang sangat produktif, yang diantaranya sebagai Narasumber, Mentor, Pembicara, Asessor, Penulis, Pengurus APKS Provinsi dan lain sebagainya.

Pages