• https://2.bp.blogspot.com/-CsWJcUO3eXE/XpNTAIgs4pI/AAAAAAAADNw/E01ElWgopZAwyePvt9GaYoRZP3nkdqcxQCNcBGAsYHQ/s1600/PSA%2B43.jpg

Cara Cek Dapodik Sekolah

 Dapodik adalah singkatan dari Data Pokok Pendidikan, yakni sebuah sistem informasi yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia. Dapodik digunakan untuk mengumpulkan data siswa, data guru, data sekolah, fasilitas pendidikan dan lain-lain. Data ini akan menjadi acuan bagi Kemendikbud dalam perencanaan, penganggaran, dan pengambilan kebijakan dalam bidang pendidikan.

Berikut beberapa tautan terkait Dapodik:

  1. https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/: Situs resmi Dapodik yang dapat diakses oleh operator sekolah untuk menginput dan memperbarui data siswa, guru dan sekolah.

  2. https://dapoer.kemdikbud.go.id/: Situs ini menyediakan panduan penggunaan dan pemeliharaan aplikasi Dapodik serta dapat dijadikan tempat bertanya tentang permasalahan teknis terkait Dapodik.

  3. https://simeru.kemdikbud.go.id/: Situs Sim Edukasi Rujukan yang memberikan akses kepada pengguna Dapodik untuk melihat dan memperbarui data siswa, guru dan sekolah.




Secara umum, dapodik adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk mengelola data pendidikan dan data sekolah. Dapodik Paud merupakan aplikasi yang dibuat khusus untuk mengelola data dan informasi pendidikan jenjang pendidikan anak usia dini. Aplikasi ini memudahkan jajaran sekolah untuk mengirimkan data ke Dinas Pendidikan dengan lebih cepat dan mudah.


Untuk dapat mengecek data sekolah sejenjang PAUD, Anda harus masuk ke dapodik Paud melalui alamat url https://bpaud.data.kemdikbud.go.id/login pada browser internet Anda. Jika Anda pertama kali mengakses halaman ini, Anda mungkin perlu membuat akun terlebih dahulu dengan cara mendaftar di sana.


Setelah terdaftar, Anda dapat memasukkan ID sekolah PAUD yang ingin dicari. Setelah menemukan ID tersebut, Anda dapat memulai pencarian untuk melihat data detail sekolah tersebut. Anda dapat melihat data-data yang relevan seperti nama sekolah, nama kepala sekolah, alamat, kontak, jumlah guru, jumlah siswa, dll.


Selain itu, dapodik juga memberikan opsi yang memungkinkan Anda untuk melihat produk hukum pendidikan anak usia dini yang memaksa Anda untuk melakukan segala bentuk kegiatan didalam lingkungan sekolah. Anda juga dapat mengecek daftar sertifikasi sekolah dan informasi lainnya yang terkait dengan kualitas pelayanan sekolah.


Dengan sangat mudah dan simpel, Anda dapat menggunakan Dapodik Paud untuk memeriksa data sekolah dan melihat informasi yang relevan. Sehingga Anda dapat merumuskan berbagai inisiatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah PAUD.


1. Kunjungi situs web Dapodik pada alamat https://dapo.kemdikbud.go.id/

2. Klik tombol “Daftar Sekolah” di bagian atas layar.

3. Masukkan kata kunci yang ingin Anda cari dan pilih tempat dimana Anda ingin mencari.

4. Klik tombol “Cari” untuk menampilkan hasil pencarian.

5. Setelah Anda menemukan sekolah yang diinginkan, pilih sekolah tersebut untuk melihat informasi sekolah.

6. Lihat detail informasi dari sekolah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Situs Resmi Ikatan Guru Taman Kanak Kanak Indonesia Kec. Parongpong

Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Provinsi Jawa Barat merupakan organisasi dibawah naungan PGRI. IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat merupakan organisasi yang sudah berdiri sangat lama, sehingga organisasi sudah mempunyai banyak pengalaman dalam ikut serta memajukan pendidikan anak di Indonesia khususnya di Provinsi Jawa Barat. Kepengurusan di dalam organisasi dilaksanakan secara regular dan terpadu, sehingga menghasilkan reorganisasi pergantian estafet yang produktif.

Salah satu penghargaan yang diterima oleh IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat dari Ketua IGTKI-PGRI Pusat adalah tentang manajemen yang tertata rapi. Organisasi berjalan efektif dan efesien sehingga bidang-bidang organisasi dapat memunculkan ide-ide dan gagasan dalam kemajuan organisasi IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat. Proses instruksi dan komando baik dari atasan maupun mitra organisasi mampu bersinergi dengan program-program yang sudah direncanakan. Sehingga organisasi IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat merupakan organisasi yang professional.

Pengalaman Organisasi
IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat mempunyai banyak pengalaman dalam berorganisasi, karena organisasi ini berdiri memasuki usia yang sudah panjang. Pasang surut kehidupan berbangsa dan bernegara telah dilalui tanpa sedikitpun kemunduran yang dialami oleh IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat. Pengurus-pengurus selalu semangat dan kompeten dalam mengantarkan serta menjembatani anggotanya untuk lebih maju dalam berbagai aspek pendidikan, khususnya pendidikan anak usia dini. Dalam berbagai kesempatan organisasi ini juga mengantarkan guru-guru menjuarai berbagai kegiatan yang diadakan oleh pengurus Pusat.

Pengalaman Pengurus
IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat memiliki pengurus-pengurus disamping sebagai guru TK mereka mempunyai kegiatan yang sangat produktif, yang diantaranya sebagai Narasumber, Mentor, Pembicara, Asessor, Penulis, Pengurus APKS Provinsi dan lain sebagainya.

Pages